Mengenal Jenis – Jenis Keyloger dan cara Kerjanya

Mengenal Jenis – Jenis Keyloger dan cara Kerjanya – Sebelum kita Mengenal cara kerja Keylogger, ada baiknya kita mengetahui bagaimana bentuk dari Keylogger itu sendiri. Secara umum, Keylogger berupa perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware). Fungsi keylogger adalah untuk merekam aktivitas penekanan tombol atau ketikan pada perangkat computer yang telah terpasang keylogger.  Software ini awalnya digunakan untuk hal – hal yang positif atau bisa dibilang baik, terutama untuk keamanan computer, atau mungkin pada kantor tertentu keylogger dipasang untuk memantau kinerja karyawan dalam bekerja. Namun beda dengan saat ini lebih sering digunakan utnuk tindakan kejahatan, diantaranya untuk mencuri data – data penting dan password akun milik orang lain. Keylogger yang paling terpopuler berbentuk perangkat keras yang kira – kira besarnya hampir sama dengan ukuran baterai AA. Setahu saya biasanya keylogger jenis ini dipasang dibagian ujung keyboard, yang pungsinya iyalah dengan mencatat data yang dialirkan dari keyboard menuju CPU. Sedangkan untuk keylogger yang berbentuk perangkat lunak terpasang langsung dikomputer seperti halnya perangkat lunak biasa, tapi keylogger ini bekerja secara tersembunyi.

cara kerja keylogger berbentuk perangkat lunak atau software ini berbeda beda satu sama  yang lainnya tergantung dengan jenisnya. Setidaknya ada lima jenis keylogger perangkat lunak dengan cara kerja yang berbeda pula. 

Mengenal Jenis – Jenis Keyloger dan cara Kerjanya

Jenis – Jenis Keylogger


Keyloger dan cara Kerjanya

Keylogger Perangkat Lunak Berbasis API


Keylogger yang menempel pada API keyboard computer ini berkerja sama dengan system operasi. Jadi Apa bila ada aktivitas penekanan tombol keyboard yang dilakukan oleh user maka secara otomatis keylogger akan mencatatnya dan akan meyimpannya sampai sangpengguna keylogger menghaspusnya. Dalam hal ini system API pada windows, digunakan untuk menyelidiki keadaan serta memantau kegiatan keyboard. Beberapa system API yang kita kenal ada dari GetAsyncKeyState(), 


GetForegroundWindow(), dll. Menurut saya keylogger yang berbasis API ini  yang paling mudah digunakan di antara jenis yang lainnya, Namun diperlukan adanya penyelidikan secara kostan pasa setiap kunci. Hal ini berdampak pada meningkatnya penggunaan CPU.

Keylogger Perangkat Lunak Berbasik Hypervisor


Keylogger jenis ini sering dianggap sebagai malware hypervisor atau bisa dibilang perangkat lunak perusak. Adapun cara kerja keylogger jenis ini berjalan dibawah system perasi computer yang tersentuh. Keylogger ini secara efektif bisa menjadi sebuah mesin virtual dan bisa merekam semua kegiatan ketikan keyboard. Salah satu keylogger Hypervisor yang paling terpopuler adalam AMD-V atau lebih dikenal Pacifica atau sering disebut Blue Pill.

Keylogger Perangkat Lunak Dengan Cara Menangkap Formulir


Cara kerja keylogger satu ini adalah mencatat pengiriman formulir web dengan cara merekam fungsi pengiriman pada peramban web browser. Catatan yang dihasilkan nantinya bisa berbentuk data melalui internet  serta melewati enkripsi bahasa HTTPS.

Keylogger Perangkat Lunak Berbasis Kernel


Banyak sekali yang menganggap bahwa keylogger jenis ini sangat sulit dilawan karena terletak di tingkat kernel sehingga dengan demikian sangat susah dideteksi. Terlebih lagi untuk aplikasi mode pengguna. Keylogger berbasis  karnel juga bisa difungsikan sebagai device driver keyboard pada computer . Dengan demikian anda padat mendapatkan akses setiap informasi yang diketikan pada keyboard selama masih dalam system operasi.

Keylogger Dengan Packet Analyzers


Keylogger jenis ini merupakan keylogger dengan cara kerja yang cukup sederhana. Yaitu hanya dengan cara  melibatkan penangkapan lalulintas jaringan yang sebelumnya sudah terkait dengan kegiatan HTTP POST guna mengambil data maupun password yang tidak terenkripsi.


Mukin ini saja yang dapat saya jelaskan tentanag cara kerja keylogger yang berbentuk perangkat lunak. 

Lalu bagai mana dengan Keylogger yang berbentuk perangkat keras?  


Keyloger dan cara Kerjanya


Untuk keylogger hardware atau perangkat keras ini yang berbasis firmware tingkat bios tidak bergantung pada perangkat lunak yang terinstal pada computer karena masih berada pada tingkat perangkat keras. Bisa seperti anda mencolokkan perangkat audio. Keylogger yang berbentuk hardware ini sendiri dipakai untuk mencatat tombol yang ditekan lewat sebuah rangkaian perangkat keras. Bagi para Pengguna keylogger  bisa memasang keylogger jenis ini pada perangkat keyboard computer sasaran anda maupun pada cpu computer mereka, tapi pada umumnya tetap berada di tempat dimana konektor kabel keyboard dipasang.


Sebuah keylogger pada akhirnya akan menyimpan hasil pantaunnya dari aktifitas penekanan tombol keyboard ke dalam sebuah berkas cecatat (log file) . sementara itu , beberapda dari keylogger tertentu bahkan  bisa mengirimkan hasil rekamannya ke surel tertentu secara berkala. Menang kalau kita perhatikan lebih unggul keylogger berbentuk perangkat lunak karena dapat menambahkan fitur yang mampu menangkap informasi pengguna tanpa harus tergantung pada penekanan tombol keyboard saja sebagi input tunggal. 

Muengkin ini saja yang dapat saya terangkan tentang Mengenal Jenis – Jenis Keyloger dan cara Kerjanya semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda , jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman anda apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat. Trimahkasih.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.