Tips dan Trik Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop

Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop

Tips dan Trik Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop – Biasanya kita lebih mengenal virus dibandingkan malware. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa si sebenarnya malwar itu dan bagaimana cara mencegahnya.

Apakah anda tau malware itu apa ? Malware sebenarnya sebuah program atau software, namun perbedaan dengan program computer pada umumnya iyalah karena program ini dibuat dengan tujuan yang merugikan orang yang terkena virus malware ini.  Tujuan malware dibuat untuk dapat menyembunyikan, menghapus, atau bahkan bisa juga mencari data dari computer yang terinfesi malwar ini tanpa seijin pemilik computer.

Keberadaan virus malware didalam computer atau loptop anda pastinya akan membuat kinerja computer anda akan menjadi lebih lambat, dan dapat menimbulkan berbagai masalah dikomputer anda. Bukan hannya membuat computer kamu mengalami respon yang sangat lambat, virus malware juga dapat menghapus atau menggandakan diri sendiri, seperti amuba. Lo 

Oleh sebab itu anda harus menghapus atau membersihkan program jahat yang bernama malware tersebut dari computer anda, kebanyakan orang langsung mengintal ulang OS mereka  sebagai cara yang paling mudah untuk menghilangkan semua virus malware tersebut secara cepat. 

Namun menurut saya hal itu kurang tepat, Kenapa begitu ? , Karena program yang terintal akan terhapus semua, dan pastinya kamu juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menginstal windows dan berbagai aplikasi yang telah terhapus tadi.

Tips dan Trik Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop yang ampuh

Apa yang harus anda lakuakn untuk menghapus virus – virus yang memperlambat kinerja computer  atau laptop anda. Saya ada beberapa tips untuk anda.

1. Hapus Temporary File

Temporari file termasuk cache dan cookie yang terdapat pada browser yang sering kali menjadi tempat berteduhnya malware. Untuk anti sipasi atau pencegahan terjadinya kebobolan virus malware ini, saya sarankan bersihkanlah  temporary file pada browser anda, serta  windows juga harus dibersihakn jika anda ingin menghapus malware dari computer anda.

Cara menghapus temporary di file windows
Buka Run
Lalu ketik %temp%

Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop

Baca Juga : Tips dan Trik Cara Menghilangkan Jejak Dari Komputer Yang Baru Kita Pakai

Kemudian hapus semua isi temporary file tersebut

 Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop

Cara menghapus temporary fiel di browser Chrome: 

Buka history dengan cara klik ctrl + h di keyboard

Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop

Kemudian pilih menu “ Clear Browsing data”

 Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop

Kemudian centang semua opsi untuk menghapus semua data penjelajahan anda.

2. Hapus atau Reset System Restore

Pada umumnya windows juga memiliki fitur system restore, yang berguna saat computer terkena masalah pada system computer. Dengan system restore anda dapat mengembalikan system yang bermasalah menjadi sedia kala. Namun sayangnya system restore juga sering dipakai sebagai markasnya virus malware. Lebih baik mematikan semua system restore.

Baca Juga : Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Rusak Atau Bab Sektor

Adapun cara untuk mereset system restore yang menurut saya cukup mudah , anda cukup perlu mamatiakn system restore kemudian mematikan computer atau laptop anda. Setelah itu hidupkan kembali system restore , maka file system yang dulu tersimpan sekarang sudah terhapus dan diganti dengan yang baru.

3. Scanning Komputer anda dengan antivirus Secara Menyeluruh

Jika computer anda memiliki antivirus, lakukanlah scancing secara menyeluruh kemua partisi harddisk pada computer atau laptop anda. Saran saya jangan lupa pasang juga software anti malware dan lakukan lagi jika antivirus tidak memiliki fitur anti malware. Lakukan karantina atau lebih baik langsung hapus saja malware yang terdeteksi.

4. Melalukan Scanning Melalui Save Mode

Apa bila secenning secara normal kurang mampu membasmi semua malware yang ada dikomputer anda, saran saya lakukan secanning melalui sive mode. Karena saat sive mode windows akan berjalan dalam kondisi yang minimal. Hal ini menyebabkan hanya driver yang penting saja yang aktif, software tambahan juga tidak aktif. Sebab itu malware yang tidak bisa dihapus secara manual bisa menjadi tidak aktif pada save mode, oleh karena itu akan lebih mudah menghapus virus malware.

5. Scan menggunakan Live CD

Terkadang ada juga malware yang tetap bisa aktip walaupun dalam keadaan sive mode, oleh Karena itu anda bisa menghilangkannya dengan cara melalukan scanning melalui lineCD, sehingga anda melakukan scanning bahkan sebelum masuk windows atau saat booting. Semestinya cara ini data mengatasi semua malware yang menyerang  dan berkembang biak di computer atau laptap anda. Lain halnya kalau malware tersebut tidak terdeteksi sebagai malware, bisa jadi dia menyamar sebagai iklan pop ads di browsing dll.

6. Menghapus Program Yang Tidak Dikenal atau Aneh

Untuk hal ini anda perlu memeriksa semua file yang sudah terinstal di computer atau laptop anda, apa bila anda menemukan program yang aneh atau anda tidak mengenali software tersebut, alangkah baiknya apa bila anda langsung menghapusnya. Oleh sebab itu anda harus mengetahui apa saja software yang terintal di computer atau laptop anda hal ini penting agar anda tidak salah menghapus program. 

7. Windows Defender

Windows defenfer adalah program keamanan bawaan windows. Apa bila anda belum memiliki antivirus dan tidak bisa mengintal antivirus pada computer atau laptop anda yang sudah terjangkit malware, anda bisa menggunakan program ini untuk menghapus malware yang sedang beranak pinak dikomputer atau laptop anda.

Anda bisa lakukan scanning manual saat computer sedang digunakan, anda juga bisa melakukannya secara offline. Menggunakan windows defender offline lebih saya sarankan, sebab dengan cara ini proses scanning akan dilakukan sebelum masuk windows atau saat sedang botting.

8. Cara Yang Terakhir Instal Ulang Komputer anda.

Inilah cara yang terakhir yang menurut saya paling ampuh untuk menghilangkan semua malware yang ada dikomputer atau laptop anda. Dengan catatan partisi selain file system kamputer anda.
Namun saran saya jangan terlalu sering mengintal ualng OS karena bisa berdampak buruk bagi hardware atau perangkat keras yang ada di computer anda.

Itulah beberapa Tips dan Trik Cara Menghapus Virus Malware di Komputer Atau Laptop, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan yang pastinya bisa menambah wawasan anda tentang dunia computer, jangan lupa share keteman – teman anda apa bila artikel ini anda anggap bermanfaat. Terimahkasih.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.