Tips dan Trik Cara Mengatasi Bluescreen Yang Disebabkan Oleh Hardware


Ketika lagi enak-enaknya bermain computer atau laptop, tiba – tiba Layar computer anda berubah menjadi satria baja biru. Tentu hal ini membuat anda terkejut dan kesal dan ingin rasanya memukul computer kita tersebut, lalu anda berpikir, kenapa ni computer kok bisa berubah menjadi satria baja biru, apa salah dan dosa ku. Tapi tenang sobat sahabat anda ada disini yang siap membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan ini, ada beberapa kesalahan hardware yang menyebabkan semua itu terjadi kita akan bahas satu persatu. 

Tips dan Trik Cara Mengatasi Bluescreen Yang Disebabkan Oleh Hardware

 

1.    Bluescreen pada layar dengan kode pesan “IRQL_NOT_LES_OR_EQUAL (0X0000000A)”

a.    Hal ini terjadi disebabkan oleh ketidak cocokan dirver yang di install dalam computer anda, banyaknya driver yang trinstal dalam computer anda tidak semuanya cocok dan hal ini bisa menimbulkan masalah seperti diatas.

b.    Apa bila anda baru menambahkan prangkat keras dan menginstalkan drivernya  dan apa bila hal ini menimbulkan bluescreen, maka hal yang bijak apa bila anda menguninstall driver yang baru anda install.

c.    Carilah driver – driver terbaru di internet yang tentunya sesui dengan pengakat keras yang anda gunakan.

2.    Buescreen pada layar dengan kode pesan “ PEN_LIST_CORRUPT”

a.    Untuk studikasus yang ke dua ini disebabkan oleh RAM.

b.    Copot memori atau RAM dari slotnya

c.    Bersihkan kartu memori atau RAM dari debu sampai bersih anda bisa membersikannya dengan penghapus pingsil.

d.    Pasang kembali kartu memori arau RAM ke slot-nya. Cobalah pasang kebeberapa slot jika slot yang pertama tidak bisa.

e.    Yang terakhir ni kalau tidak bisa juga, buang kartu memori atau RAM dan belilah yang baru.

3.    Bluescreen pada layar dengan kode pesan “MACHINE_CHECK_EXCEPTION”

a.    Untuk kasus yang nomor 3 ini disebabkan oleh kerusakan CPU yang di overclok secara berlebihan atau power supply yang kekurangan arus listrik.

b.    Jika computer anda di overclok saran saya segeralah kembalikan keposisi normal kembali, agar computer anda tidak ngambek .

c.    Namun apa bila terlancur rusak anda harus menggantinya dengan yang baru.

d.    Saran saya untuk masalah power supply sebaiknya anda langsung saja menggantinya dengna yang baru, karena apa bila arus listrik yang masuk kedalam system computer  (hardware) kurang, maka akan menimbulkan kerusakan pada hardware yang lain. Bisa mangkin ancur tu computer.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Tips dan Trik Cara Mengatasi Bluescreen Yang Disebabkan Oleh Hardware, semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi anda dan dapat membantu permasalahan yang sedang anda alami.



SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.