Qualcomm Pamer Koneksi Data 5G Pertama di Dunia


Hongkong, Qualcomm berhasil menguji cip modem 5G pertama mereka Snapdragon X50. Cip ini pertama kali diperkenalkan ke public tahun lalu, saat melakukan ujicoba Qualcomm menggunakan ponsel cerdas yang dibuat khusus untuk uji coba itu.

Wakil Presiden Derektur Qualcomm Cristiano Amon memamerkan pencapaian ini pada ajang 4G/5G  Summit di Hong Kong . ia berpendapat era 5G tak akan lama lagi datang.

Keberhasilan ini membuat Qualcomm mengklaim bahwa mereka sudah melampaui pencapaian mereka ditahun lalau dan menjadi perusahaan pertama yang berhasil menguji koneke data 5G pertama di dunia.

Namun pencapaian Qualcomm ini tentunya belum berdampak ke masyarakat luas, sebab, keberhasilan uji coba ini baru dilakukan di laboratorium Qualcomm Technologies, di San Diego , Amerika Serikat.

“ Kami berupaya mendorong teknologi 5G ini tersedia penuh pada 2019 nanti, dilansir CNN Indonesia, Selasa (17/10/2017).

Salah satu kunci keberhasilan Qualcomm dalam mengewantahkan 5G ini adalah pemasaran antenna berukuran millimeter saja di dalam ponsel . cip modem ini mendukung kecepatan unduh hingga 5Gbps seperti tertulis dlama situs Qualcomm.

Namun kecepatannya diperkirakan akan lebih kencang pada tahun 2019 nanti. Ketika infrastruktur telekomunikasi di berbagai Negara mulai mendukung teknologi tersebut.

Sementara untuk Indonesia, estimasi adopsi 5G masih lebih lambat dari Negara – Negara lain yang berambisi menerapkan 5G pada 2019. Country Manager Qualcomm Indonesia Shennedy Ong mengatakan Indonesia masih perlu menyelesaikan regulasi yang akan mengakomodasi 5G bila ingin mengadopsinya secara penuh di masa depan.

“Jarak adopsi dari G ke G belakangan lebih cepat di Indonesia, tapi mungkin 2-3 tahun setelah 2019 sudah masuk.
SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.