Pengertian, Fungsi Dan Contoh Jenis Domain


Kalai ini saya akan mengulas tentang Pengertian, Fungsi Dan Contoh Jenis Domain, bagi anda yang berpropesi sebagai web master pasti anda tidak asing dengan yang namanya domain, namun bagi orang lain yang baru mengenal dunia blog dan website pasti kebingungan apa sebenarnya domain itu.
Pernakah anda mengunjungi sebuah situs tau website contohnya saja website yang hamper semua orang tau yaitu facebook.com, twiter.com, google.com dll. Nama – nama dari sebuah website itulah yang disebut dengan istilah Domain. Pada pembahasan dibawah ini saya akan ulas mengenai pengertian dan nama domain secara mendalam agar anda bisa lebih paham dan lebih mengenal apa itu domoin. Ok langsung aja kita ke TKP

Pengertian Dan Fungsi Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengidentifikasi sebuah server baik itu web server maupun email server, selain itu juga bisa diartikan sebagai nama unuk yang digunakan untuk pengidentifikasi nomer IP sebuah computer server. Jadi gini seandainya anda memiliki sebuah computer server yang anda gunakan untuk menyimpan halaman website anda dengan alamat ip computer server tersebut misalnya ip computer server anda 192.168.12.1, jadi sebenarnya anda cukup mengetikan alamat ip anda di browsing, anda sudah bisa membuka halaman website anda tadi, namun ini kurang epektip  dikarenakan kita dapat lupa nama ip tersebut dan yang pasti tidak mudah di ingat oleh banyak orang. Fungsi nama domain sendiri tentunya dapat membantu dan mempermudah anda untuk mengingat alamat website yang anda buat dari pada kita harus mengingat alamat ip computer server kita yang rebut itu.

Contoh dan Jenis – Jenis Domain

TLD (Top Level Domain)

Pengertian domain TLD merupakan sebuah bagian dari nama domain atau alamat website yang terletak dibagain kanan sampai tanda titik, misalnya untuk nama domain.google.com Top level Domain adalah .com. top level sendiri terbagi menjadi dua yaitu Global top level (GTLD) contoh domain TLD antara lain .com, .net, .org, .gov, .sch, .ac, dll dan Country Code Top Level Domain (ccTLD) contohnya adalah .id, sg, .uk, dan lain sebagainya. Dibawah ini penggunaan nama domain untuk keperluan penamaan website anda.

Contoh Penggunaan Global Top Level Domain

1. .com : digunakan utnuk situs atau website komersial atau perusahaan
2. .Net : digunakan utnuk situs atau website network infrastruktur.
3. .Org : digunakan untuk seitus atau website organisasi
4. .Info :digunakan untuk situs atau website informasional
5. .Name : digunakan untuk situs atau website keluarga atau personal
6. .Edu :digunakan untuk situs atau website pendidikan dan terbatas hanya untuk pendidikan.
7. .Mil : digunakan utnuk situs atau website angkatan bersenjata atau militer.
8. .Biz :digunakan untuk situs atau website bisnis
9. .tv : digunakan untuk situs atau website Entertainment missal Televisi , Radio, atau majalah.
10. .travel : digunakan untuk situs atau website bisnis pariwisata

Contoh Penggunaan Country Code Top Level Domain

1. .cn : digunakan untuk situs atau website  dinegara cina
2. .id :digunakan untuk situs atau website dinegara Indonesia
3. .my : digunakan untuk situs atau website dinegara Malaysia
4. .sg : digunakan untuk situs atau website dinegara singapura
5. .uk : digunakan untuk situs atau website di Negara amerika

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan mengenai Pengertian, Fungsi Dan Contoh Jenis Domain , semoga artikel dapat bermanfaat bagi anda dan bisa memberikan wawasan baru untuk anda. Jangan lupa bagikan artikel ini kalau menurut anda bermanfaat,.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.