Jenis-Jenis Linux Kelebihan dan Kekurangannya



Linux adalah salah satu system operasi computer yang saat ini cukup popular, walaupun tidak sepoluler windows, Linux adalah system operasi yang lambangnya gambar pingwin, yang merupakan salah satu system operasi yang bersipat Open Source.

Bagi yang senang ngotak ngatik sebuah program maupun software computer,  system operasi linux merupakan system yang cocok untuk anda gunakan.  Sebelum kita membahas lebih jauh dari system operasi linux, ada baiknya kita mengetahui sejarah dan perkembanga linux.

Perkembangan system Operasi Linux


Pada awalnya system operasi linux bernama UNIX, yang dikembangkan pada tahun 1968 oleh Ken Thompson bersama Dennis Titchie di Amerika. Waktu pertama kali dikembangkan, UNIX sudah dapat menarik perhatian semua orang karena unix merupakan salah satu system operasi yang menggunakan source code nya emngguanakan bahasa pemograman C, sebab itulah system operasi ini mudah di implementasikan.

Singkat cerita setelah system operasi unik perkembang dan banyak digunakan oleh semua orang, disinilah mulai banyak jenis dari system operasi UNIX, diantaranya adalah system operasi MINIX, yang dibuat oleh A,S Tanenbaum. MINIX juga memiliki soure code dan kemudian dimodipikasi dan diimplementasikan oleh seorang mahasiswa yang bernama Linus Torvalds sebagai referensi untuk membuat system operasi gratis.

Lunis Torcalds jugalah yang menambahkan program dan software yang berlisensi GNU,  maka dari situlah mulai dikenal system operasi tersebut, yang diberinama Limux, Linux persi pertama adalah 0.01 yang dikembangkan pada tahun 1991 , kemudian pada tahun yang sama, Linux versi 0.02 dihadirkan.

Hingga sekarang system operasi linux menjadi salah satu system operasi UNIX yang lengkap, sehingga multitesting dan juga mendukung banyak pungsi,  meliputi pungsi jaringan , software development, dan juga memungkinkan menjadi system operasi pada PC pribadi. Linux hamper memiliki semua komponen dan juga perangkat lunak yang harus didukung oleh suatu system operasi, meliputi konektivitas dan juga software utilitas lainnya.

Demikianlah perjalanan jauh dari sebuah system operasi linux

Jenis-Jenis Linux Kelebihan dan Kekurangannya


Jenis – Jenis Linux


Linux merupakan system operasi yang bersipat Open source, ini berarti linux dapat dengan mudah dilakukan modifikasi maupun pengembangan. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya perkembangan system operasi linux yang beragam. Yang biasa kita kenal dengan nama distribution linux. Bisa juga distro linux.  Setiap jenis linux ini memiliki kelebihan dan juga kerumitan masing2,  beritkut ini merupakan jenis jenis dari system operasi linux.

Debian Linux

Merupakan jenis linux yang laris manis di pasaran, Debian sendiri memiliki keunggulan yaitu pormat program yang digunakan lebih setabil, oleh karena itu banyak digunakan oleh pada pengguna yang suka mengotak atik computer.  Debian juga sering di gunakan untuk computer server maupun computer admin, versi terbaru dari Debian adalah versi 4.1.

Redhat Linux

Redhat adalah salah satu jenis linux yang digemari diindonesia dan amerika, linux jenis ini banyak digunakan sebagai server, karena kemanpuan redhat linux ini yang sangat mengagumkan yaitu kecepatan dan kesetabilanya persi terakhir dari redhat mencapai versi 9.0, Karena linux ini banyak digunakan sebagai server sangat cocok untuk menyimpan data yang aman, bagai mana cara memilih computer server berbasis linux maupun windows memiliki kesamaan hanya saja system operasi meraka yang berbeda.

Mandrake Linux

Mandrake Linux memiliki kemiripan dengan Redhat Linux,perbedaannya Mandrake meruangkan versi client dari Redhat Linux,  yang disarankan sebagai server, versi terbaru dari mandrake Linux adalah versi 10.0. Jenis Linux ini yang paling popular dan banyak di gunakan oleh user.

Caldera Linux

Caldera Linux merupakan jenis linux yang unik di antara semua persi linux, yang bikin unik adalah semua tampilan pada system linux ini menggunakan grafis, dari awal instalasi sampai menjalankan program dan setting semuanya menggunakan grafis, tidak menggunakan tulisan seperti system operasi pada umumnya.

Selain jenis linux diatas masih banyak lagi jenis linux lainya yang banyak digunakan antara lain.

1. Stackware Linux
2. SuSE Linux
3. Corel Linux
4. Turbo Linux
5. Ubuntu Linux


Jenis-Jenis Linux Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan system Operasi Linux


Salah satu system Operasi yang termasuk gratis dan open source, sudah pasti linux memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan dari system Operasi linux.

a. Jauh Libih Murah Dibandingkan Dengan System Operasi Lain.

Kenapa lebih murah, tentu saja karena system operasi linux dapat di proleh secara gratis memang ada beberapa yang ddiperoleh dengan biaya yang sangat murah. Sedangkan system operasi windows yang harus membayar lebih dari 500 rb, untuk lisensinya .

b. Merupakan system operasi yang memiliki code 32 bit

Code yang digunakan pada system operasi linux inilah yang membuat system linux dapat berjalna dengan baik, sangat membantu menghindari crash saat aplikasi dijalankan, user juga tidak perlu kawatir saat menambahkan atau mengintal software baru karena system operasi linux tidak akan heng saat menambahkan aplikasi baru selama penggunaan yang benar.


c. Memiliki Tingkat Keamanan Yang Cukup Baik

Tingkat keamanan yang dimiliki system operasi ini memiliki tingkat keanan yang tinggi yang tidak kalah dengan system operasi lain.  Bankan sebagain user mengklaim kalau system operasi linux memiliki system keamanan yang terbaik di antara system operasi lain.

d. Tampilan Grafik Yang Mumpuni

Jangan salah menilai sebuah software open source seperti halnya linux memiliki tampilan grapik yang buruk atau tidak baik,  sebalaiknya linux mendukung tampilan grafik yang sangat bagus dan eye catching, trutama pada linux yang menggunakan system fuul grafis, yang dimana semua command dan juga perintah didalamnya menggunakan system grafisk.


e. Sangat Mudah Dilakukan Modifikasi Terhadap Source Code

Trutama para programmer yang ahli dibidang computer, penggunaan system operasi linux sangat menarik karena menggunakan source code dari linux merupakan jenis dari source code yang open source ditambah lagi menggunakan bahasa C, Hal inilah yang menambah akan lebih mudahnya untuk melakukan modifikasi pada system operasi linux ini.


f. Mendukung Akses Ke 33 Jenis System File Yang Berbeda

Yang istimewa adalah system operasi linux ini juga mendukung lebih dari 33 maca system file yang umumnya digunakan oleh system operasi lain, yang mencakup , system format hardisk dan memformat software dan file seperti video, gambar dll.


g. Pengguna Linux Lebih Terspesifikasi

Linux adalah merupakan salah satu system operasi yang terspesifikasi kususnya dari tiap distro pada system linux sendiri,  Melalaui setiap distro-distronya linux banyak memiliki pilihan yang sesui dengan kebutuhan user.


h. Software Bawaan Sudah Trinstal Dan Mudah Digunakan.

System operasi linux juga memiliki software bawaan yang tentunya sangat bermanfaat bagi penggunanya, system operasi linux dengan mudah terhubung dengan software utilitas antara lain software jaringan maupun software yang berhubungan dengan server.


i. Cocok Dijadiakn Komputer Server.

System operasi linux adalah system operasi yang terkenal cepat dan setabil, sehingga sangat cocok untuk digunakan di computer server atau admin, dan bisa juga digunakan untuk computer personal. 


j. Spesifikasi Hardware Yang Tidak Terlalu Besar 

Hal yang paling penting adalah system operasi linux ini memiliki spesifikasi hardware yang sangat rendah, oleh Karen itu system operasi linux ini dapat berjalan dengan lancar pada computer yang spesifikasinya rendah sekalipun.


k. Saat Terjadi Kesalahan Pada OS Linux, Sulit Untuk Di Atasi

Hal ini dikarenakan tidak bayak teknisi yang memahami system operasi linux, dikarenakan kurangnya user yang menggunakan  system operasi linux, akibatnya dukungan terhadap trouble shooting secara fisik sangat sulit, ada satu cara untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan linuk yaitu dengan cara bergabung dan bertanya di group tau forum yang berbasis linux, yang dapat di jumpai di internet.


l. Dukungan Software Yang Populer Kurang

Software-software poluler seperti games maupun aplikasi poluler lainya masih banyak yang belum mendukung ke system operasi linux.


m. Kalah Bersaing Dengan System Operasi Lainya

Kelamahan linux yang paling mencolok adalah kalah bersaing dengan system operasi lain seperti windows dan juga Mac OS. 

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang Jenis-Jenis Linux Kelebihan dan Kekurangannya, semoga artikel ini bermanfaat, silakan berikan komentar atau saran anda di kolom komentar di bawah ini.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.