Cara Membagi Partisi di Windows 7

Pada windows 7 dan windows 8 ada fiktur untuk mengatur partisi hardisk computer atau laptop anda ya itu melalui management Disk. Sebelum tool ini ada banyak sekali pengguna windows menggunakan software pihak ketiga diantara partition Magic, AOMEI. Dengan menggunakan Management Disk anda dapat membagi dan menggabungkan partisi diwindows 7.

Mungkin anda bertanya-tanya untuk apa kita membagi pastisi windows 7,  bisa saja anda ingin menginstal system operasi lain untuk menjadikan computer atau laptop anda dual boot, atau juga anda ingin menambah drive path baru untuk file-file penting jika anda punya ruang drive yang cukup banyak. 

Kali ini saya akan mencoba mengajarkan kamu bagaimana cara membagi partisi di windows 7 dan bagaimana cara menggabungkan partisi di windows 7 dengan cara menggunakan Windows Disk Management.


Cara Membagi Partisi di Windows 7


Pertama klik Start Menu di destop kemudian ketikan Windows Disk Management, lalau tekan Enter.


Kemudian akan muncul jendela Windows Disk Management, untuk mengatur partisi hardisk dan menampilkan partisi hardisk yang anda buat.


Kemudian klik kanan pada partisi yang ingin anda bagi partisinya dan pilih Shrink Volume.


Lalu isikanlah jumlah partisi yang ingin anda bagikan di kolom yang sudah disediakan kemudian Klik Shrink.


Yang terakhir anda akan melihat Free Space atau Unallocated partisi yang dihasilkan dari  Shrink tadi. Untuk bisa menggunakan Free Space atau Unallocated partisi yang anda buat tadi , anda harus memformatnya atau membuatnya menjadi aprtisi yang bisa digunakan.



Cara Menggabungkan Partisi di Windows 7


Pertama – tama yang anda harus lakukan adalah Buka Disk Management,  perlu anda ketahui untuk menggabungkan partisi, harus ada satu partisi anda yang tidak terpakai atau Unallocted.


Kemudian klik kanan pada partisi yang ingin anda gabungkan tadi, disini saya akan menggabungkan partisi drive E,  maka anda harus klik kanan drive tersebut. Kemudian klik Extend Volume.


Lalu akan muncul jendela windows Extend Volume Wizard untuk menggabungkan partisi yang anda inginkan tadi, kemudian klik Next.


Kemudian lihat kolom selected, jika sudah terisi kamu tinggal Next, Namun jika anda ingin menentukan berapa jumlah atau kapasitas hardisk yang ingin ada tambahkan. Anda bisa menuliskannya di kolom yang telah disediakan. Kemudian Klik Next.


Yang terakhir anda tinggal mengklik tombol finish yang menandakan kalau anda telah berhasil menggabungkan pastisi  yang anda buat tadi. Selamat ya mas. Hehehe.


Setelah selesai anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini, perhatikan dari partisi yang sebelumnya berukuran kecil , setelah digabungkan menjadi ukuran yang besar. 


Mungkin ini saja yang dapat saja jelaskan tentang Cara Membagi Partisi di Windows 7, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Trimah kasih.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.