Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian di Mikrosoft Exel

Rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada mikrosoft exel, adalah rumus-rumus yang mungkin paling banyak digunakan sehari-hari, ada banyak cara untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian mulai dari menghitung dengan cara manual ataupun menggunakan ala penghitung seperti Calculator. Pada kesempatan kali ini saya memberikan penjelasan cara menghitung menggunakan rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian menggunakan aplikasi Microsoft Exel.

Adapun beberapa penjelasan mengenai rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada aplikasi Excel

1.Rumus Penjumlahan 



Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan Excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan oprerator plus (+) dan yang kedua menggunakan Fungsi SUM.
Contohnya : pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukan angak 50, kemudian pada cell C2 masukan rumus pada cel C2 menjadi seperti ini  =SUM(A2:B2) kemudian tekan ENTER, maka hasinya akan sama yaitu 150.



Menurud anda manakah yang lebih baik, pakai formula SUM atau operator plus (+) ? Sebenarnya dua-duanya sama-sama baik, bagi yang baru belajar menggunakan Excel penggunaan operator plus (+) tentu akan mudah di ingat tapi kelemahannya jik ajumla data yang harus dijumlakan ada banyak misal menjumlakan data dari A1 s.d A1000 maka rumus yang harus ditulis adalah seperti ini. A1+A2+A3...bla bla bla sampai A1000 bisa keriting tu jari. Sudah pasti hal ini akan memakan banyak waktu dan kurang efektif karena rumus akan menjadi sangat panjang kayak kereta api hahaha. Berbeda dengan menggunakan rumus SUM, untuk menjumlahkan data dari A1 s.d A1000 cukup dengan menuliskan rumus =SUM(A1:A1000), lebih simple rumusnya dan tentunya lebih menghemat waktu.


2. Rumus Pengurangan


Dalam menggunakan rumus penguranggan di Microsoft Excel, tidak ada fungsi atau formula khusus yang bisa digunakan untuk melakukan operasi pengurangan, mungkin karena dalam pengurangan biasanya tidak melibatkan bayak data. Untuk melakukan Perintah pengurangan di Microsoft Excel cukup menggunakan operator minus (-). Contohnya: pada cell A2 masukan angak 150 dan pada cell B2 masukan angka 50, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2-B2 kemudian tekan ENTER hasilnya adalah 100.



3. Rumus Perkalian


Ada 2 cara untuk melakukan rumus perkalian di mikrosoft exel, pertama menggunakan operator asterisk (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT. Contohnya : pada cell A2 anda masukan angka 100 dan pada cell B2 anda masukkan angka 5, kemudian pada cell C2 anda masukan rumus =A2*B2 kemudian tekan ENTER hasilnya 500. Sekarang coba rubah rumus pada C2 menjadi =PRODUCT (A2:B2) maka hasilnya akan sama 500.




4. Rumus Pembagian


Untuk melakukan operasi pembagian data dalam Microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator slash (/) . Contohnya : pada cell A2 masukkan angka  500 dan pada cell B2 masukkan angka 5 , kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2/B2 kemudian tekan ENTER maka hasilnya akan 100.



Demikianlah cara menggunakan rumus penjumlahan , pengurangan, perkalian dan pembagian di Mikrosoft Excel . Silakan berikan saran anda di kotak komentar dibawah ini.  Semoga artikel ini bermanfaat .
SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.