Cara Settingan Mikrotik Modem Huawei HG8245 Indihome Ke mode Bridge.

Konfigurasi Bridge adalah suatu jaringan yang menggunakan DHCP. Disini modem di fungsikan menjadi bridge maksudnya adalah untuk menjebatani koneksi antara PC langsung ke ISP yang digunakan. Jadi alurnya seperti : PC request ke Ont/Modem untuk mendial-up ke jaringan miliki ISP.

Konfigurasi mode bridge ini banyak digunakan untuk pelayanan yang memerlukan router atau server yang di set untuk koneksi dial-up. Mode bridge sangat diperlukan untuk pelanggan yang memiliki CCTP dan ingin CCTV nya dapat di pantau secara online atau digunakan untuk jaringan yang menggunakan mikrotik.

Sebenarnya setiap jaringan Indihome di set PPOE oleh pihak Telkom sendiri dengan settingan PPOE yang di lakukan secara remote dari adminnya. Sebelum anda meemulai konfigurasi mode bridge ada syarat-syarat yagn dibutuhkan. 

1. Nomor Internet dan Password Indihome, Call 147 untuk mendapatkannya
2. Vlan ID , call 147 untuk mendapatkannya.

Berikut saya jabarkan, Cara Merubah Settingan Modem Huawei HG8245 Indihome Ke mode Bridge.

1. Masuk ke settingan ONT, dengan cara :
Buka web browser ketik 192.168.100.1 pada form login isikan user atau passeord berikut,

User : telecomadmin
Password : admintelecom


2. Masuk ke tab WAN --> Pilih INTERNER_B_xxx --> pada WAN mode Pilih Bridge WAN --> Pada opsi binding options pilih port LAN yang digunakan, misal LAN3 --> klik Apply --> Restart Modemnya.


3. Sampai disini kita sudah membuat bridge Modem GPON Huawei HG8245A Indihome pada port LAN3.

Nah, sekarang kita lanjut ke konfigurasi Mikrotik nya. Disini saya contohkan menggunakan Mikrotik RB951G-2HnD. Intinya setingannnya sama saja untuk mikrotik lainnya, jika anda pakai RB750 atau yang lain juga tidak masalah.

Cara Setting Mikrotik Bridge Indihome Speedy


1. Koneksikan Mikrotik dengan modem GPON Indihome nya menggunakan kabel LAN. Silakan colokkan si port3 modem dan port berapapun di mikrotik misal port 1. 

2. Login ke mikrotik menggunakan Winbox Mikrotik. 

3. Tambahkan interface PPPoE Client, bisa melalui menu Interface ataupun PPP. Pada tab General, beri nama interface nya pada kolom Name --> Pilih Interfice yang konek ke modem, misal ether 1


Masuk ke tab Dial Out : Masukan username dan password indihome speedy nya di kolom User dan Password --> Klik OK.


4. Buat rule Firewall NAT Masquerade. Masuk ke menu IP --> Firewall --> Masuk ke tab NAT --> tambahkan rule baru --> Choin pilih srcnat --> Out Interface pilih interfice pppoe nya.


Masuk ke tab Action, pada kolom Action pilih masquerade --> OK.


5. Kemudian Setting DNS Mikrotik nya.



6. Setelah setting DNS nya, kita coba ping dari Terminal Mikrotik nya. Harusnya sudah bisa reply.


7. Apa bila belum bisa, coba cek pppoe nya running apa tidak, dan dia dapat IP address apa tidak . Cek ke Menu IP --> Adress. Cek juga routing nya di IP --> Route, pastikan ada tabel rauting ke 0.0.0.0/0 dan gateway nya IP gateway dari pppoe nya. 

8. Kita bisa tambahkan konfigurasi lainnya, seperti Bandwidth management, Firewall, atau buat Hotspot Mikrotik juga bisa. Silakan anda kembangkan sendiri.

Mungkin ini saja Tutorial Cara Settingan Mikrotik Modem Huawei HG8245 Indihome Ke mode Bridge. Semoga Bermanfaat.








SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.