Cara Merawat Komputer dan Laptop Agar Tidak Cepat Rusak


Ada beberapa Cara Merawat Komputer dan Laptop Agar Tidak Cepat Rusak, Pada saat ini komputer dan Laptop tidak lagi menjadi barang yang mewah .karenasaat ini hampir semua orang telah memiliki komputer atau laptop. Hal ini dikarenakan semangkin terjangkaunya harga komputer dan laptop dan dengan jenis-jenis yang semangkin bervariasi.


Pentingnya Merawat Komputer dan Laptop


Dikarenakan komputer dan laptop telah banyak dimiliki oleh sebagian besar orang di dunia,  namun pengguna terkadang tidak dapat merawat komputer dan leptop mereka dengan baik dan benar. Sehingga sering kali kita temui banyak komputer dan laptop yang rusak atau error karena kesalahan pengguna sendiri yang seharusnya dapat dihindari.

Oleh karena itu kita selaku pengguna harus sedikit memahami dan mengerti tentang cara merawat komputer dan laptop agar komputer dan laptop kita tidak mudah rusak. Seperti pepatah mengatakan Mencegah Lebih baik dari pada mengaobati hahaha.

Berikut beberapa tips dari saya bagai mana cara merawat komputer dan laptop agar tidak mudah rusak.

1. Mempersihkan CPU Komputer Secara Rutin.


Yang harus diperharikan pertama kalai adalah kebersihan komputer atau laptop agar komputer tidak mudah rusak. Oleh karena sebab itu kita harus rutin membersihkan  komputer. CPU komputer yang kotor berdebu akan membuat kinerja komputer menjadi tidak maksimal.


Salah satu yang harus dibersihkan adalah kipas pada komputer. Kipas pada komputer  ini sangat penting karena berfungsi untuk mendinginkan komputer agar tidak panas dan terjadi overheating. Namun bagian kipas sangat mudah kotor sehingga hal ini akan berdampak dari kinerja kipas menjadi tidak optimal. Jadi saya sarankan sesering mungkin untuk membersihkan bagian kipas yang ada di komputer.

Selain dari itu bersihkan pula bagian Motherboad, RAM, Video Card, Sesekali cek pasta pada prosesor kalau kering cepat ganti yang baru. agar proseessor tidak mudah panas dan tidak menyebabkan henk.

2. Jauhkan Komputer dari benda-benda yang mengandung magnet.


Meletakan speaker aktif dan Hp  di dekat monitor mungkin hal ini yang sering kita lihat. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena Speaker aktif mengandung medan magnet yang dapat mempengarushi kualitas monitor. Letakkan speaker aktip setidaknya berjarak 30 cm dari monitor.

3. Mematikan Komputer Dengan Cara Yang Benar


Sangat saya sarankan  untuk tidak perna memaksa mematikan komputer seperti mencabut kontak listrik karena dengan mencabut kontak listrik maka komputer akan tibah-mati dan komputer akan memberhentikan proses yang sedang berjalan dengan paksa hal ini akan berdampak buruk bagi komputer anda, Menggunakan UPS adalah solusi yang cerdas untuk mengantisipasi jika listrik mati ,dengan menggunakan UPS maka komputer atau laptop anda akan tetap menyala dikarenakan kita menggunakan tenaga listrik dari UPS . Jika kita tidak memiliki UPS usahakan kita menggunakan Stabillizer untuk mengantisipasi tegangan listrik yang tidak setabil.

4. Menggunakan Program Yang Diperlukan.


Menjalankan program atau aplikasi bersamaan akan berdampak kepada lambatnya kinerja komputer. Karena apa bila anda membuka aplikasi secara bersamaan maka penggunaan memori akan semangkin besar. Sebaiknya kita menggunakan dan menjalankan program atau aplikasi yang di perlukan saja. Jika kita tidak membutuhkannya lagi lebih baik kita tutup terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mengeluarkan CD Yang Tidak Mau Keluar dari  CD/DVD ROM


5. Unistall Program / Aplikasi Yang Tidak Di Butuhkan.


Yang perlu anda hindari adalah Menginstal banyak program / aplikasi di dalam komputer atau laptop anda hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja sebuah komputer atau laptop . kemungkinan kinerja komputer tidak akan berjalan dengan stabil karena aplikasi tersebut akan memakan tempat yang cukup banyak sehingga tidak di rekomendasikan menginstall aplikasi atau program terlalu banyak.

6. Melakukan Defragment Decara teratur.


Disk Defragment adalah sebuah program tau perangkat lunak yang dirancang untuk merapikan penetapan data di dalam hardisk. Dengan melakuakn Disk Defragment secara teratur akan berdampak pada kecepatan komputer dalam mencari data. Namun proses Dizk Defragment tidak direkomendasikan dilakukan terlalu sering . Karena proses defragment dapat berdampak kepada piringan pada harddisk cepat rusak karena goresan.

7. Instal Anti Virus dan Update Secara Berkala


Menginstal anti virus dan meng update secara berkala bertujuan untuk melindungi komputer dari serangan virus berbahanya. karena jika virus tersebut telah berhasil  menyerang komputer dapat menyebabkan kerusakan pada data bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada hardware  komputer.

8. Jangan Lupa Untuk Melepas  CD/DVD saat sudah digunakan.


Karena banyak kita ketahui masih banyak pengguna komputer atau laptop sering kali tidak mengeluarkan CD/DVD setelah digunakan padahal hal ini dapat cepat merusah DVDR pada komputer atau laptop.

9. Yang terakhir untuk para pengguna laptop hindari menggunakan laptop dengan cara dipangku atau di tempat tidur.


karena penggunaan dengan memangku dan meletakkan laptop di tempat tidir dapat menggangu sirkulasi udara pada laptop, karena laptop kipas sirkulasinya beradah di bawah laptop sendiri. Namun apa bila ingin menggunakan dengan cara tersebut saya sarankan menggunakan pelapis untuk melapisi laptop agar udara dapat masuk dengan sempurna kedalam laptop.

demikian penjelasan tentang Cara Merawat Komputer dan Laptop Agar Tidak Cepat Rusak semoga artikel ini bermanpaat. 
SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.